Yuk Ketahui Keistimewaan dan & Keutamaan Tanah Haram Makkah

Kategori : Haji Umrah, Haji, Features, Ditulis pada : 26 Juli 2023, 16:35:36

Jika Anda saat ini sedang mencari informasi tentang umrah maupun haji, tentunya tidak afdol tanpa mencari tahu juga tentang tempat pelaksanaan umrah dan haji. Terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan keimanan serta semangat beribadah umrah, Anda bisa mulai dari menggali tentang keutamaan dan keistimewaan kota suci Makkah.

Sebagaimana yang telah Anda ketahui, seluruh rangkaian ibadah umrah maupun haji dilaksanakan di kota Makkah. Anda melakukan rukun thawaf di ka’bah di Masjidil Haram yang terletak di kota ini, sehingga kota Makkah sangat penting dan menjadi tujuan utama bagi kaum muslimin yang melakukan perjalanan, yakni untuk mengerjakan ibadah haji dan umrah.

ekrem-osmanoglu-TbTeMOmgQJo-unsplash.jpg

Photo by ekrem osmanoglu on Unsplash

Kota Makkah punya banyak keistimewaan salah satunya adalah mata air Zam-zam yang sumbernya tak pernah mengering. Meski sudah dikonsumsi selama sekian lama, memenuhi kebutuhan minum dan wudhu jamaah haji dan umrah dari seluruh penjuru dunia, namun air zam-zam tidak pernah habis. Luar biasa, bukan…? Saat umrah, Anda juga bisa membawa air zam-zam untuk dibawa pulang, walaupun saat pandemi ini ada larangan membawa air zam-zam saat kembali ke tanah air.

Keistimewaan lain dari kota Makkah adalah kota ini menjanjikan ketentraman bagi penghuninya. Makkah adalah kota yang diberkahi Allah SWT, memberi rasa aman bagi penduduknya. Bahkan tidak hanya manusia saja, tapi hewan dan tumbuhan juga merasakan hal yang sama. Seperti yang dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 97 :

“Barangsiapa memasukinya (Baitullah) menjadi amanlah dia.”

Pada saat akhir Zaman, ada empat negeri yang aman ditinggali, salah satunya adalah tanah suci Makkah. Dajjal tak dapat memasuki kota Makkah, sehingga bagi yang memiliki kesempatan untuk tinggal di kota Makkah maka ia akan selamat dari fitnah Dajjal. Malaikat akan melindungi penduduk Makkah dari fitnah Dajjal.

Adapun keistimewaan dari kota Makkah lainnya adalah Makkah disebut dengan Tanah Haram. Artinya, di kota Makkah kita tak boleh memburu binatang, merusak tanaman, serta berbuat maksiat di kota tersebut. Sebagaimana telah disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari no. 1510 :

“…tidak boleh mematahkan rantingnya, tidak boleh memburu hewan liarnya, tidak halal mengambil barang yang hilang, kecuali bagi orang yang hendak mengumumkannya…”

ramon-bucard-37p0-rpI5RQ-unsplash.jpg

Photo by Ramon Buçard on Unsplash

Anda juga dapat melihat keistimewaan kota Makkah karena Masjidil Haram terletak di sana. Siapa yang melakukan shalat di Masjidil Haram, maka pahalanya sama dengan 100.000 kali lipat daripada shalat di tempat lainnya di bumi ini. Tak heran, Anda yang rindu untuk umrah selalu mengupayakan yang terbaik untuk dapat sampai ke tanah suci.

Itulah beberapa keutamaan dan keistimewaan kota suci Makkah Al Mukarramah. Semoga bisa menjadi pendorong bagi Anda calon jamaah umrah untuk bisa pergi ke kota Makkah untuk menunaikan ibadah umrah dan haji. Bagi yang sudah pernah berhaji dan umrah, semoga bisa berkesempatan untuk hadir kembali ke Makkah agar kita bisa meraih pahala di sisi Allah SWT.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id